Menkes Canangkan Gerakan Ayo Minum Air

14 Maret 2017

 

Dalam rangka memperingati hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada minggu kedua bulan Maret, Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) mencanangkan Gerakan AMIR (Ayo Minum Air), di SDN Rawamangun 12 Jakarta (2/3). Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Dekan FKUI beserta seluruh Kepala Sekolah SD sekecamatan Pulogadung.

Pencanangan Gerakan Minum Air ini diselenggarakan oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG) yang didirikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2012. IHWG merupakan pusat kajian hidrasi dan kesehatan. Gerakan Ayo Minum Air didedikasikan untuk mencegah terjadinya penyakit non infeksi atau penyakit degeneratif di masa yang akan datang terutama gagal ginjal kronik, diabetes dan hipertensi.

Menkes mengingatkan bahwa 60-70% tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini menunjukkan air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh dan kesehatan kita. Air yang diminum haruslah dalam jumlah cukup dan merupakan air yang sehat, yaitu tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna, serta telah didihkan. Kekurangan konsumsi air sehari-hari dapat menyebabkan gangguan kesehatan antara lain gangguan pada fungsi tubuh, misalnya penurunan konsentrasi belajar dan aktivitas, gangguan ginjal, dan lain-lain. Menkes menekankan kepada orang tua agar mengingatkan anak-anak untuk tidak menahan buang air kecil, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Paradigma Sehat


Salah satu pilar dari Program Indonesia Sehat adalah pilar Paradigma Sehat yang merupakan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan promotif preventif, dan pemberdayaan masyarakat. Paradigma sehat dapat dicapai dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini pada masyarakat, termasuk anak-anak sekolah.
Pada kesempatan tersebut Menteri Kesehatan berharap anak anak sekolah dasar dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, buang sampah pada tempatnya, makan makanan yang bergizi seimbang, BAB dan BAK di jamban sehat, lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, tidak merokok, dan cek kesehatan secara rutin.
Anak anak harus olah raga ya, makan sayur dan buah tapi tidak boleh berlebihan, pesan Menkes kepada siswa-siswi di Sekolah Dasar Negeri 12 Rawamangun Jakarta Timur.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

Fungsional Adminkes

Leaflet dapat di download di SILAHKAN SOROT…

Responsive image

Fungsional Analis Kebijakan

Leaflet Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dapat…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 27 JULI 2020…

UPDATE DATA CORONA 27 JULI 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Presiden: Jadikan Penanganan Covid-19…

Pemerintah berupaya keras untuk mencapai eliminasi…

Responsive image

Presiden Jokowi Bentuk Satu Tim…

Presiden Joko Widodo membentuk dan menugaskan satu…