Kontak Kami Pengaduan F.A.Q Webinar

Kemenkes Himbau Jemaah Haji Selalu Lakukan PHBS

13 Juli 2017

Kementerian Kesehatan mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Diantaranya, agar selalu menjaga diri dari sengatan matahari secara langsung. Gunakan payung atau pakai handuk basah tutupi kepala saat berjalan menuju Masjid, minum air putih atau zam zam sesering mungkin. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dan kemungkinan terjadinya heat stroke, sengatan panas yang berlebih terkena tubuh. Karena diperirakan suhu Arab Saudi akan mencapai 50 derajat celcius pada saat musim haji.

Himbauan ini harus juga disampaikan oleh semua petugas kesehatan haji yang tergabung dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kepada jemaah haji dalam kloter. Selanjutnya Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan juga harus menyampaikan kepada jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebelum keberangkatan jemaah ke Tanah Suci.

Selanjutnya, jemaah dianjurkan makan atau sarapan sebelum ke Masjid, ketika akan berangkat sholat subuh ke Masjidil Harom di Makkah atau Masjid Nabawi di Madinah. Makanlah dengan cepat seperti roti atau kurma plus minun air secukupnya, sebagai sarapan pagi. Jangan sampai tak sarapan, karena akan berdapak buruk pada kesehatan, apalagi makan siangnya terlambat karena sibuk beribadah.

Selain itu, setiap jemaah harus membawa obat-obatan dalam tas kecil kemanapun pergi dan beribadah. Usahakan minum vitamin setiap hari. Malam hari minum larutan oralit. Jemaah agar selalu kontrol kesehatan di Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) setempat. Jangan sampai jemaah kehabisan obat, terutama yang memiliki penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetus militus dan penyakit saluran pernafasan.

Untuk menghindari terjadinya sakit yang bersumber binatang, maka jemaah haji agar menjauhkan diri dari hewan di Arab Saudi, termasuk dengan Onta. Selalu menggunakan masker terutama saat beraktifitas di luar ruangan. Serta jangan memaksakan diri melakukan aktitas fisik yang berhubungan dengan ibadah maupun yangg tidak ada hubungannya dengan ibadah. Jangan melakukan umrah berulang-ulang tanpa menyadari keterbatasan kemampuan fisik.

Selalu berdoa agar memperoleh kesehatan dan haji Mabrur, kompak dalam satu regu dan kelompok, menyelesaikan masalah bersama sama dan berkomunukasi dengan pengurus kloter dan petugas haji lainnya.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

PENINGKATAN KOMPETENSI ADMINKES…

Pusat Analisis Determinan Kesehatan pada tanggal…

Responsive image

PENINGKATAN KOMPETENSI JABATAN…

Pada hari Rabu tanggal 18 November 2020, Pusat…

Responsive image

HKN KE-56, Menkes Terawan Tekankan…

Kementerian Kesehatan gelar Hari Kesehatan Nasional…

Responsive image

Gerakan tepuk tangan selama 56detik…

Kementerian Kesehatan RI siang ini, Kamis (12/11)…

Responsive image

HKN KE 56 TAHUN 2020

Pada tanggal 12 November 2020 di peringati Hari…