Presiden RI Joko Widodo mengatakan untuk mencegah munculnya ancaman kesehatan diperlukan tiga bentuk kerja sama. Hal tersebut disampaikan mengingat pe

Bandar Lampung, 25 Oktober 2017

Rapat Kerja Nasional Ikatan Dokter Indonesia untuk pertama kali dilaksanakan di Bandar Lampung (25/10). Acara ini mengusung tema Reformasi Sistem Pelayanan Kesehatan dan Sistem Pendidikan Kedokteran yang Komprehensif Menuju Indonesia Sehat. Dengan tema ini, IDI berharap dapat memperperbaiki kondisi kesehatan saat ini.

Salah satu masalah yang terjadi di Indonesia ialah adanya maldistribusi tenaga kesehatan di berbagai daerah. Kementerian kesehatan telah memiliki beberapa program untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di daerah yang saat ini sedang berjalan. IDI sebagai organisasi profesi dokter terbesar ikut mendukung program Pemerintah untuk mengatasi adanya maldistribusi ini.

''IDI siap mendukung Kementerian Kesehatan dalam mendistribusikan tenaga kesehatan dokter untuk membantu pemerintah'', kata Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis, SpOG selaku Ketua umun IDI

Selain Ikatan Dokter Indonesia, para istri dari dokter melalui Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) juga turut serta mendukung program pemerintah melalui benerapa kegiatan yang diadakan. Salah satu kegiatan dukungan IIDI kepada pemerintah adalah dengan melakukan sosialisasi Germas kepada masyarakat di provinsi Lampung. Tidak hanya itu, untuk mewujudkan Indonesia Sehat dan Indonesia Emas 2045 IIDI sangat memperhatikan kesehatan wanita karena kunci utama perkembangan anak di masa depan.

''Wanita sehat akan menjadi ibu sehat; ibu sehat akan melahirkan bayi yang sehat dan di 1000 hari pertama kehidupan sehat; bayi sehat, anak sehat akan menjadi remaja sehat, dan seterusnya. Itulah mengapa wanita menjadi menjadi kunci utama perkembangan anak'', ungkap dr. Murdiati Umbas Ketua umum Ikatan Istri Dokter Indonesia.

Dengan adanya berbagai dukungan dari organisasi profesi seperti IDI dan IIDI, besar harapannya agar permasalahan maldistribusi tenaga kesehatan dan penguatan kesehatan dapat segera terselesaikan seperti harapan IDI dalam Rakernas pertama di Lampung ini.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id.

 
Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan, Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 6 AGUSTUS 2020…

UPDATE DATA CORONA 6 AGUSTUS 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Fungsional Adminkes

Leaflet dapat di download di SILAHKAN SOROT…

Responsive image

Fungsional Analis Kebijakan

Leaflet Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dapat…

Responsive image

Presiden: Jadikan Penanganan Covid-19…

Pemerintah berupaya keras untuk mencapai eliminasi…

Responsive image

Presiden Jokowi Bentuk Satu Tim…

Presiden Joko Widodo membentuk dan menugaskan satu…