Menkes dan Mempar di Acara Peluncuran Buku Wisata Kesehatan Nov 2019

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran. Acara peluncuran Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Wisata Kebugaran hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian Kesehatan bertempat di Bali Room, Lobby Level, Ganesha Wing, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Peluncuran ini merupakan implementasi dari penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara 2 kementerian yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

"Kegiatan peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kerja sama Kemenparekraf dan Kemenkes dalam mengembangkan wisata kesehatan. Semoga buku katalog ini dapat ter-deliver dengan baik dan inovasi Health Tourism ini dapat jadi manfaat bagi kita semuanya," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkes, Drg Oscar Promadi di lokasi acara, Selasa (19/11/2019). 

Sementara itu, Menparekraf Wishnutama Kusubandio menyebut buku katalog ini bisa jadi panduan bagi stakeholders, terutama di bidang pariwisata dalam mengembangkan wisata kesehatan. Buku ini bisa juga jadi referensi bagi wisatawan yang ingin berwisata kesehatan di Indonesia. "Tren pariwisata ke depan memang bermacam-macam. Tujuan orang traveling saat ini berbagai macam ragam, dan salah satunya menjadi daya tarik ke depan adalah wisata kebugaran. Tentunya rencana seperti ini harus betul-betul kita kembangkan," ungkap Wishnutama.

Menteri Kesehatan Letjen dr. Terawan Agus Putranto menambahkan, sebenarnya ada banyak potensi wisata kesehatan yang bisa dikembangkan di Indonesia. Tidak hanya industri obat dan alat kesehatan yang harus dikembangkan, tapi juga wisata kesehatan. "Peluang besar industri wisata kesehatan yang belum tergarap di Indonesia dapat dilakukan dengan memperluas penetrasi usaha dalam mengembangkan potensi wisata kesehatan. Harus membuat inovasi-inovasi yang lebih hebat dari tempat lain," pungkas dr Terawan. Menurut Menkes, ada 4 kluster wisata medis yang akan dikembangkan di Indonesia, antara lain wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga yang mendukung kesehatan dan wisata ilmiah kesehatan. Sementara itu untuk destinasi wisata kesehatan dan kebugarannya, ada 5 destinasi yang dihighlight yaitu Semarang, Yogyakarta, Solo, Bali, dan Jakarta.

 
 

 

Tags: Kegiatan Kementerian Kesehatan, Kesehatan,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 6 AGUSTUS 2020…

UPDATE DATA CORONA 6 AGUSTUS 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Fungsional Adminkes

Leaflet dapat di download di SILAHKAN SOROT…

Responsive image

Fungsional Analis Kebijakan

Leaflet Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dapat…

Responsive image

Presiden: Jadikan Penanganan Covid-19…

Pemerintah berupaya keras untuk mencapai eliminasi…

Responsive image

Presiden Jokowi Bentuk Satu Tim…

Presiden Joko Widodo membentuk dan menugaskan satu…