Ka.PADK dialog tentang wisata kesehatan andalan baru di Stasiun TV "Berita Satu"

 

 

 

Kepala Pusat Kesehatan hadir di Stasiun TV Berita Satu bersama Mantan Sekretaris Kemenpar

Kerokan merupakan salah satu budaya asli Indonesia sebagaimana Bekam sebagai budaya asli bangsa timur tengah. Begitu pula dengan jamu dan pengobatan herbal lain termasuk purwoceng yang berasal dari kekayaan dan keanekaragaman hayati yang dimiliki bangsa Indonesia. Ini yang akan kita angkat sebagai salah satu layanan yang memiliki attractiveness bagi wisatawan. Relief pada candi Borobudur sebagai destinasi prioritas memberikan informasi tentang hal itu.

Rancangan Kebijakan Penyelenggaraan Wisata Kesehatan Indonesia lebih komphrehensif melalui 4 (empat) klaster pengembangan wisata kesehatan yaitu : (a) Wisata Medis; (b) Wisata Kebugaran dan Herbal/Jamu; (c) Wisata Olahraga yang mendukung Kesehatan; dan (d) Wisata Ilmiah Kesehatan.

Sebagaimana Thailand juga menawarkan paket wisata kesehatan untuk penile enlargement, menambah ukuran payudara pada wanita, mengganti kelamin laki – laki ke wanita. Maka boleh jika kita juga menwarkan paket wisata yang lebih unggul dengan mengabungkan pengobatan tradisional asli Indonesia yang dikolabotasikan dengan pelayanan medis sebagai sebuah pelayanan yang mimiliki keunggulan dibidang kesehatan kaum laki – laki.

Katalog Wisata Kesehatan yang telah disusun oleh Kementerian Kesehatan digunakan bagi Kementerian Pariwisata sebagai dasar dalam menyusun jalur wisata kebugaran dan herbal/jamu pada 3 (tiga) destinasi pilot proyek yaitu Joglosemar (Jogja, Solo Semarang) dengan konsep tematik “Tracing The History of Jamu, Bali dengan konsep tematik Eat, Beauty and Love dan Jakarta dengan konsep tematik Rejuvenate for Next Life.

Kementerian Kesehatan berupaya untuk menginisiasi perubahan paradigma pembangunan dari Old Publik Administration menuju New Public Governance dengan skema pentahelix melibatkan lintas sektor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenpora, Sektor bisnis pariwisata dan pelayanan kesehatan swasta yang memiliki keunggulan pelayanan kedokteran, media untuk mempromosikan paket destinasi yang telah siap, akademisi dan professional yang mampu menciptakan kreasi pelayanan wisata kesehatan serta masyarakat madani selaku pelaku wisata kesehatan di akar rumput dalam rangka memajukan perekonomian rakyat Indonesia.

Secara bersama – sama mempromosikan skenario wisata kesehatan yang telah siap yaitu untuk chapter Wellness and Herbal Health Tourism pada destinasi Bali, Jakarta dan joglosemar.

Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah meluncurkan Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran pada tanggal 19 November 2019 di Hotel Indonesia Kempinski.

    1. Pengembangan Wisata Kesehatan Indonesia merupakan respon terhadap penugasan Bapak Presiden untuk mengimplementasikan konsep industri kesehatan dalam hal ini adalah industri jasa kesehatan yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan devisa negara serta menggerakkan perekonomian rakyat.

     

    1. Diperlukan pembentukan sebuah National Board: Indonesia Health Tourism Board sebagai sebuah lembaga untuk menkolaborasikan seluruh lintas sektor yang lebih luas untuk mempersiapkan dan menopang pelaksanaan wisata kesehatan seperti lembaga serupa yang dimiliki oleh Malaysia, Thailand, Singapore, Turki yang telah berhasil mengembangkan wisata kesehatan sebagai pendapatan tertinggi bagi negaranya.
Tags: Kesehatan, Isu,
Responsive image
Responsive image

5 Prioritas Bidang Kesehatan dalam…

Tema kesehatan menjadi satu dari tiga tema besar…

Responsive image

Rancangan Strategis Kemenkes 2020-2024

Pertemuan Penguatan Program Kesehatan Pusat dan…

Responsive image

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah…

Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan…

Responsive image

Kemenkes Optimalkan PSN Cegah…

Memperingati Asean Dangue Day (ADD) 2017 15…

Responsive image

Pelantikan Jabatan Struktural…

20 Januari 2016   KEPUTUSAN…

Responsive image

Fungsional Adminkes

Leaflet dapat di download di SILAHKAN SOROT…

Responsive image

Fungsional Analis Kebijakan

Leaflet Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dapat…

Responsive image

UPDATE DATA CORONA 27 JULI 2020…

UPDATE DATA CORONA 27 JULI 2020 DI INDONESIA…

Responsive image

Presiden: Jadikan Penanganan Covid-19…

Pemerintah berupaya keras untuk mencapai eliminasi…

Responsive image

Presiden Jokowi Bentuk Satu Tim…

Presiden Joko Widodo membentuk dan menugaskan satu…